Tips Mendaki Gunung Agar Tidak Cepat Lelah

Tips Mendaki Gunung Agar Tidak Cepat Lelah

Tips Mendaki Gunung Agar Tidak Cepat Lelah
sumber dari: drobs.ru

Tips mendaki gunung agar tidak cepat lelah, buat para pendaki wajib banget nih baca artikel saya kali ini. Biasanya saat kita mendaki gunung kita sangat cepat sekali mudah lelah karna berbagai macam alasan, seperti carriel yang berat, track yang menanjak dll. Namun banyak cara yang bisa di siasati saat rasa lelah muncul, berikut ada beberapa untuk anda mengatasi rasa lelah saat mendaki gunung :

1. Olah Raga 

Olah raga sangat di perlukan sebelum anda mendaki gunung karna olah raga bisa disebut sebagai pemanasan, biasanya yang sering dipilih adalah jenis olah raga lari  sebelum  mendaki. Agar otot- otot anda tidak keram saat mendaki.  Jika langsung melakukan pendakian tanpa berolahraga sebelumnya bisa jadi anda akan merasakan pegal-pegal, badan terasa kaku dan juga keram. Jadi alangkah baiknya bagi anda untuk melakukan pemanasan dulu sebelum anda mendaki gunung. Namun tetap harus berhati- hati saat pemanasan karna bila tidak hati- hati bisa terseleo dan menjadi hambatan saat mendaki. 

2. Istirahat Yang Cukup 

Sebelum mendaki sebaiknya anda beristirahat dengan cukup, jangan begadang agar tubuh kita fit. Karna biasanya saat gunung tidur anda tidak nyenyak di akibatkan dinginnya suasana gunung, tidak nyamannya letak mendirikan tenda. Jadi alangkah baiknya sebelum mendaki anda tidur tepat waktu. Dan pada saat mendakipun jika lelah lebih baik istirahat dulu sejenak, jangan memaksakan diri bila tidak kuat karna akan membahayakan diri sendiri. Duduklah kemudian selonjorkanlah kaki anda. Aturlah nafas anda agar tidak ngos-ngosan dan kembali nomal. Namun jika anda sangat lelah bicaralah kepada teman anda untuk membuka tenda agar istirahat lebih nyaman, Kemampuan setiap pendaki memang berbeda. Sampai ke puncak gunung memang sangat membanggakan tetapi jangan sampai membahayakan kesehatan anda. Jika sudah merasa lebih baik anda dapat melanjutkan perjalanan mendaki gunung. 

3. Minum Air Putih

Saat anda merasa lelah sebaiknya langsung minum, apalagi minum air putih saat mendaki gunung sangatlah penting daripada minum air yg memiliki rasa atau bersoda, karna biasanya air yang memiliki rasa apalagi bersoda akan menambah tingkat kehausan kalian. Cara yang tepat minumlah 2 hingga 3 teguk air putih. Setidaknya minum air putih dapat membasahi tenggorokan anda. Ingatlah bahwa saat mendaki persediaan air minum anda pasti terbatas.

4. Lindungi Tubuh dari Sinar Matahari

Sinar matahari sangat berpengaruh saat mendaki gunung, karna sinar matahari akan membuat anda cepat lelah. Meskipun udara di gunung sejuk tapi jangan sampai tubuh kita terkena sinar matahari secara langsung. Untuk menghindari sinar matahari secara langsung biasakan saat mendaki untuk menggunakan baju bertangan panjang,celana panjang dan masker atau buff untuk menutupi area hidung dan bibir agar bibir tidak pecah-pecah.. Jangan lupa juga untuk menggunakan sunblock sebelum mendaki untuk melindungi kulit anda. 

5. Bawa Barang Secukupnya

Ini hal yang paling penting menurut saya, saat packing baiknya anda memilih barang yang paling penting yang harus dibawa. Karna bila beban bawaan kita berat maka anda akan mudah lelah, tidak membawa barang saja sudah ngos-ngosan apalagi bila membawa carriel yang berat maka kita akan semakin lelah.. Bawalah hal-hal yang penting saja jangan berlebihan.

6. Jangan Memikirkan Jarak

Sebelum mendaki, mindset anda juga harus di setting dulu karna bila mindset anda sudah memikirkan jarak yang jauh maka rasa cape akan sangat terasa. Nikmatilah suasana sekitar saat pendakian, niscaya perjalanan anda akan terasa cepat.

7. Konsumsi Makanan Secukupnya

Saat mendaki sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang dapat mengembalikan tenaga anda. Misalnya maducoklat dan pisang ini dipercaya bisa mengembalikan tenaga yang terkuras saat anda mendaki.

8. Jangan Mendaki Sendiri

Saat anda lelah,jangan memutuskan untuk beristirahat sendiri. Ajaklah teman anda minimal 1 orang untuk menemani anda berisitirahat. Jangan sampai anda tertinggal di belakang sendirian dan menyusul mereka seorang diri. Karna itu bisa membuat anda terpisah dari rombongan anda dan bisa- bisa anda tersesat seorang diri. 

9. Hindari Mengkonsumsi Mie Instan

Mie haruslah anda hindari, karna mie instan hanya akan menjadikan anda mudah lelah dan sama sekali tidak memulihkan tenaga anda. Bawalah makanan yang akan membantu anda mengembalikan tenaga anda sangat berada di gunung. 

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa lelah saat anda mendaki gunung. Semoga dapat memperlancar acara anda saat pendakian gunung. Dan anda bisa mencapai puncak gunung yang anda tuju dengan selamat. Jangan lupa sebelum anda melakukan pendakian gunung berdoalah terlebih dahulu, agar anda selalu terjaga. 




EmoticonEmoticon