Kisah Inspiratif Sabar Gorky

Sabar Gorky Pendaki Kaki Tunggal Asal Indonesia

sumber dari: inswiki.com

Sabar Gorky adalah pendaki gunung berkaki tunggal yang sudah mengharumkan nama Indonesia karna menang sebagai juara 1 dalam kompetisi panjat tebingg penyandang tunadaksa se-Asia Tenggara di Korea Selatan pada tahun 2009 lalu. 

Gorky kehilangan kaki kanannya dalam perjalanan dari jakarta menuju solo, ia mengalami kecelakaan terjatuh dari kareta sehingga harus merelakan kaki kanannya di amputasi. Setelah kepercayaan dirinya kembali, gorky tertantang memplejarai olahraga panjat tebing , saat itu ia belajar memanjat dinding tebing buatan Universitas 11 Maret solo (UNS) . Rumahnya berdekatan dengan UNS sehingga sekalipun ia tak kulliah disana, golky memiliki banyak teman mahasiswa UNS.

Semangat gorky kembali meyala, dengan dukungan dari sahabat- sahabatnya, ia menaklukan tebing- tebing yang sesungguhnya. Ia ingin memperlihatkan kepada publik bahwa meski hanya memiliki satu kaki ia mampu melakukan hal yang menginspirasi banyak orang. Gorky juga menggowes sepeda ontel dari solo menuju bali dan menamai kegiatannya " Tour Tunggal si Kaki Tunggal" 


Saat ini gorky telah menjadi pendaki gunung kelas dunia asal Solo, Sabar Gorky, berhasil mencapai puncak Aconcagua di Argentina, Februari-Maret 2016. Pendakian Puncak Aconcagua setinggi 6.600 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu bersama 8 orang lainnya. Lima orang di antaranya adalah anggota Korps Marinir dan tiga lainnya adalah jurnalis. Tim ini dipandu oleh tiga orang guide.Selanjutnya, 

Dengan selesainya pendakian Aconcagua ini, berarti Sabar telah menyelesaikan empat puncak dari misi seven summit atau pendakian tujuh puncak dunia. Keempat puncak yang sudah didakinya adalah :

1.puncak Cartenz Papua (4.884 mdpl. Gunung tertinggi di Indonesia). 

Sabar Gorky di Cartenz Papua
sumber dar: Solopos.com

2.Gunung Elbrus Rusia (5.642 mdpl. Gunung tertinggi di Eropa).

sumber dari:http://travel.kompas.com

3.Gunung Kilimanjaro Tanzania (5,895 mdpl. Gunung tertinggi di Afrika).
sumber dari: populis - WordPress.com


4. dan Puncak Aconcagua Argentina (6,962 mdpl Gunung tertinggi di Benua Amerika)

sumber dari: Trimbunnews

Saat ini, Sabar akan berfokus mempersiapkan pendakian ke puncak berikutnya yakni Gunung McKinley, Denali, (Amerika Utara). Sabar menjadi inspirasi bagi pendaki Indonesia maupun mancanegara atas keberhasilannya mendaki tiga puncak gunung tertinggi dunia, dengan satu kaki.

note: Nama Gorky adalah penberian dari orang rusia, saat mendaki puncak Elburs (5.642 mdpl. Gunung tertinggi di Eropa) pada tahun 2011. Gorky ada filosofinya dalam bahasa Russia, artinya di dalam kepahitan mendapat kemanisan.


EmoticonEmoticon